Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah didirikan pada 1 Agustus 1959. Lokasi SD Muhammadiyah Tamanagung berada di Jumbleng, Tamanagung dan menempati tanah wakaf (alm) H Abdul Manan. Cikal bakal SD Muhammadiyah Tamanagung adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tamanagung. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan, akhirnya MI Tamanagung berubah manjadi SD Muhammadiyah Tamanagung, sesuai dengan SK. Kandip Dikbud Kec. Muntilan No. 650/103.08.08/I/1992, tanggal 10 September 1992. SD Muhammadiyah Tamanagung merupakan salah satu amal usaha yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Secara struktural, SD Muhammadiyah Tamanagung berada di bawah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamanagung I. SD Muhammadiyah Tamanagung saat ini menjadi salah satu SD Muhammadiyah yang ada di Muntilan, selain dua SD Muhammadiyah lainnya, yaitu SD Muhammadiyah Gunungpring dan SD Muhammadiyah I Muntilan.

Sejak mengalami perubahan dari MI Tamanagung menjadi SD Muhammadiyah Tamanagung, sekolah ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan ini ditandai dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SD Muhammadiyah Tamanagung. Sebelumnya, SD Muhammadiyah Tamanagung hanya dikenal masyarakat di Desa Tamanagung, namun dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih, SD Muhammadiyah Tamanagung mulai dikenal luas masyarakat Muntilan pada khususnya dan Magelang pada umumnya.

Sejak tahun ajaran 1997/1998 jumlah siswa di SD Muhammadiyah Tamanagung terus-menerus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Bahkan, karena tingginya minat masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di sekolah yang memiliki visi Menuju Cita Pendidikan Yang Berkualitas Berlandaskan Iman dan Taqwa, saat ini SD Muhammadiyah Tamanagung memiliki 12 kelas dan lebih dari 300 siswa serta lebih dari 20 guru dan staf. Tingginya minat masyarakat tersebut menjadikan SD Muhammadiyah Tamanagung memiliki dua kampus, yaitu di Jumbleng, Tamanagung, Muntilan dan di Jalan Tentara Pelajar Ponalan, Tamanagung.

Semakin tingginya kepercayaan dari masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya di SD Muhammadiyah Tamanagung bukan tanpa alasan. Sebab, dalam ujian akhir sekolah (UAS) selama 10 tahun terakhir, SD Muhammadiyah Tamanagung selalu masuk 10 besar SD terbaik ditingkat Muntilan. Tak hanya itu, berbagai perlombaan yang diikuti, baik lomba akademik atau nonakademik, siswa-siswi SD Muhammadiyah Tamanagung sering menorehkan prestasi dari tingkat kecamatan hingga nasional. Bahkan, lulusan SD Muhammadiyah Tamanagung banyak yang masuk SMP unggulan di Magelang. Sedangkan, alumni SD Muhammadiyah Tamanagung telah mencapai lebih dari 2.000 alumni yang saat ini tersebar di berbagai daerah.

Salah satu kunci utama dalam proses pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah Tamanagung adalah menumbuhkembangkan potensi siswa. Potensi siswa yang ada tidak hanya dikembangkan di ruang kelas semata, namun juga diasah dalam berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang ada yaitu komputer, Tapak Suci, Pramuka, seni tari, seni lukis, rebana, madrasah diniyah (Madin) dan Qiroah. Sedangkan, dari segi fasilitas, SD Muhammadiyah Tamanagung telah dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Perpustakaan, Ruang Unit Kesehatan Siswa (UKS) dan Musolla.

Semua proses pembelajaran akademik dan pengembangan potensi siswa dilandaskan pada peningkatan iman dan taqwa siswa serta pengamalan Al Islam sehingga siswa tidak hanya berkembang sesuai potensi yang dimilikinya, namun juga memiliki landasan iman dan taqwa terhadap Allah. Dengan sistem pembelajaran yang baik dan manajemen pengelolaan sekolah yang melibatkan semua stakeholders yang ada, saat ini SD Muhammadiyah Tamanagung telah dinyatakan Terakreditasi A.

Kontak SD Muhammadiyah Tamanagung

  • Kampus I SD Muhammadiyah Tamanagung di Dusun Jumbleng, Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56413, telepon (0293) 5510185.
  • Kampus II SD Muhammadiyah Tamanagung di Jalan Tentara Pelajar Ponalan, Tamanagung, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56413.
  • Email: sdm.tamanagung@yahoo.co.id
  • Blog: sdmtamanagung.wordpress.com