Keberadaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dinilai sangat penting artinya dalam menunjang proses belajar mengajar di sebuah sekolah. Hal ini didasarkan pada kenyataan tidak semua siswa memiliki kondisi tubuh yang fit dan sehat setiap saat sehingga keberadaan UKS menjadi penting untuk mengantisipasi “keadaan darurat” jika ada siswa sakit.

SD Muhammadiyah Tamanagung telah memiliki UKS yang berfungsi sebagai tempat istirahat bagi siswa sakit atau tempat mengobati siswa yang sakit. Dengan dilengkapi satu unit tempat tidur dan peralatan P3K, UKS ini diharapkan bisa menangani siswa yang sakit dalam kadar ringan.

Pengelolaan UKS tidak sepenuhnya dilakukan oleh pihak sekolah dalam hal ini guru atau karyawan SD Muhammadiyah Tamanagung. Namun, pengelolaan UKS juga diberikan pada para siswa/siswi yang telah terlatih. Hal ini dilakukan agar siswa/siswi juga berlatih memberikan pertolongan kepada temannya. Pengelolaan UKS oleh siswa tidak hanya bermakna menjadikan siswa subjek dalam proses pembelajaran, namun juga menekankan agar siswa/siswi bisa mengambil nilai penting dari kegiatan UKS yaitu memberikan pertolongan kepada sesama tanpa memandang suku, golongan, ras dan agama.