Siswa-siswi kelas IV dan V Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) Tamanagung mengikuti outdoor class ke Jogjakarta, Selasa (22/4) lalu. Outdoor class ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan siswa dan mempekuat ilmu yang telah didapat di kelas.

Dalam outdoor class ini siswa kelas IV dan V didampingi sejumlah guru SDM Tamanagung mengunjungi beberapa objek wisata di Jogjakarta yaitu Monumen Jogja Kembali (Monjali), Keraton Jogjakarta, Taman Pintar dan Museum Dirgantara. Dipilihnya empat objek wisata tersebut karena selain ada unsur rekreasinya, namun juga ada unsur pengetahuan di objek wisata tersebut.

Kunjungan pertama dilakukan di Monjali. Di monumen tersebut, siswa/siswi diajak untuk melihat berbagai materi yang ada di monumen tersebut. Selain itu, siswa/siswi juga mendapat penjelasan dari pengelola Monjali mengenai berbagai materi yang ada di monumen tersebut.

Selama melakukan kunjungan di Monjali, siswa/siswi terlihat sangat antusias. Siswa/siswi diajak untuk melihat bagaimana bangsa Indonesia berjuang untuk mempertahankan kemerdekaannya salah satunya melalui Serangan Umum 1 Maret. Kunjungan ke Monjali dinilai sangat penting karena bisa mensinkronkan antara materi yang didapat di dalam kelas dengan materi yang ada di monumen tersebut sehingga akan semakin memperkaya wawasan siswa.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Keraton Jogjakarta. Di dalam keraton, siswa/siswi dipandu untuk melihat keraton lebih dekat serta bisa melihat kegiatan para abdi dalem keraton yang sedang melakukan aktivitas. Dari kunjungan ke keraton ini diharapkan siswa/siswi dapat semakin mencintai budaya sendiri, termasuk budaya Jawa serta nguri-uri kebudayaan para pendahulu.

Setelah berkeliling ke Keraton Jogjakarta, siswa/siswi kemudian diajak menuju Taman Pintar yang lokasinya tidak jauh dari keraton. Di Taman Pintar, siswa/siswi tidak hanya diajak untuk bermain di area permainan yang tersedia di Taman Pintar. Namun, siswa juga diajak menuju sejumlah stan pengetahuan yang ada di Taman Pintar seperti Ruang Multimedia hingga Rumah Gempa.

Kunjungan terakhir dilakukan di Museum Dirgantara. Di museum tersebut, siswa diajak untuk melihat berbagai pesawat terbang hingga sejarah penemuan pesata terbang. Dari semua kunjungan dalam outdoor class tersebut, siswa diharapkan dapat menambah pegetahuan dan wawasan selain dari ilmu yang telha diperoleh di ruang kelas.

“Setelah outdoor class ini selesai, semua siswa diminta membuat sebuah tulisan tentang kunjungan yang telah dilakukan sehingga apa yang telah diperoleh selama kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan dan wawasan siswa,” kata Kepala Sekolah SDM Tamanagung Alfiah Nuraini.