Olahraga pencak silat sudah dikenal sebagai olahraga warisan nenek moyang dan olahraga asli Indonesia. Olahraga ini tidak hanya memberikan olah fisik saja, namun juga olah rasa sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam pencak silat, tidak hanya menjadikan tubuh sehat, namun juga menjadikan mental semakin kuat.

Sebagai sebuah sekolah yang di bawah Muhammadiyah, maka olahraga pencak silat yaitu ditawarkan dalam ekstrakulikuler adalah Tapak Suci. Tapak Suci sudah menjadi olahraga pencak silat khas Muhammadiyah sehingga olahraga ini juga dijadikan ekstrakulikuler di SD Muhammadiyah Tamanagung.

Ekstrakulikuler Tapak Suci merupakan ekstrakulikuler wajib bagi siswa/siswi kelas IV-VI. Melalui kegiatan Tapak Suci, siswa/siswi dilatih berbagai gerakan dasar dalam pencak silat dan juga pembangunan mental sejak dini. Kegiatan ini dilatih oleh Khoirudin.

Latihan Tapak Suci tidak hanya dilakukan di lingkungan SD Muhammadiyah Tamanagung saja, namun juga di lokasi luar seperti mengikuti long march atau mengirimkan atlit untuk kejuaraan pencak silat. Salah satu prestasi terbaik dari ekstrakulikuler Tapak Suci SD Muhammadiyah Tamanagung adalah menjadi Juara Uumum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tapak Suci PDM Cup I Kabupaten Magelang Tahun 2008.