Seni tari merupakan salah satu jenis budaya yang sangat lama dan tidak peka oleh jaman. Diakui atau tidak, seni tari merupakan salah satu wujud dari ekspresi manusia terhadap lingkungan dan kehidupan. Nilai-nilai kehidupan yang ada dalam masyarakat dapat dituangkan dalam keindahan tarian.

Seni tari yang diberikan kepada anak-anak tidak hanya bisa mengengambangkan kreativitas anak, namun juga bisa menjadi wujud ekspresi anak dalam menjalani kehidupan. Hal inilah menjadi dasar SD Muhammadiyah Tamanagung menyelenggarakan ekstrakulikuler seni tari.

Eksrakulikuler seni tari dapat diikuti siswa/siswi kelas I-V dan bukan merupakan ekstrakulikuler wajib. Seni tari tidak hanya melatih tubuh untuk mengikuti alunan musik dalam tarian, namun juga meliaht siswa/siswi meresapi nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah tarian, nilai-nilai budaya yang tidak hanya baik, namun juga penting ditanamkan kepada anak-anak.

Kegiatan ini dibimbing oleh Basuki dan latihan dilakukan tiap hari Rabu sehingga anak-anak bisa menerima pelajaran seni tari secara rutin dan kontinyu. Melalui seni tari, siswa/siswi tidak hanya bisa mengekspesikan diri mereka melalui sebuah tarian, namun juga belajar untuk menghargai dan melesatarikan budaya bangsa.

Ekstrakulikuler seni tari SD Muhammadiyah Tamanagung telah meraih sejumlah prestasi di antaranya Juara Harapan I Seni Tari Putra dalam Kanijar SD se-Kecamatan Muntilan Tahun 2007/2008 atas nama siswa Muhammad Abdul Kodir dan Ganni Rahmana dan Juara II Seni Tari Putra dalam Kanijar SD se-Kecamatan Muntilan Tahun 2007/2008 atas nama siswa Bayu Ajimas Solikhin dan Abdulah Musa.