Pengembangan potensi anak-anak dan kreativitas tidak hanya dapat dilakukan di dalam ruang kelas saat proses belajar mengajar dilakukan. Pengembangan kreativitas anak juga dapat dilakukan di luar kelas dengan penggalian minat dan bakat anak-anak terhadap suatu bidang ketrampilan tertentu.

Salah satu bidang pengembangan potensi dan kreativitas anak adalah melalui seni lukis. Hal ini dilakukan karena melalui seni lukis, anak-anak tidak hanya belajar mengembangkan kreativitas, namun juga bisa belajar mengungkapkan perasaan dan pikiran yang dimiliki dalam sebuah lukisan.

Keberadaan ekstrakulikuler seni lukis di SD Muhammadiyah Tamanagung diharapkan bisa menggali potensi siswa/siswi dalam bidang seni lukis dan mengasah siswa/siswi menuangkan perasaan dan pikiran dalam lukisan. Bahkan, siswa/siswi akan diajak untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya dan kondisi masyarakat yang ada saat ini untuk kemudian dituangkan dalam sebuah lukisan.

Ekstrakulikuler seni lukis merupakan ekstrakulikuler yang wajib diikuti siswa/siswi kelas I-VI. Ekstrakulikuler ini diwajibkan bagi semua siswa SD Muhammadiyah Tamanagung dengan tujuan anak-anak bisa mengekspresikan diri mereka melalui sebuah karya lukisan.

Materi yang diberikan dalam ekstrakulikuler seni lukis meliputi materi teori dan praktik. Siswa/siswi tidak hanya diminta untuk belajar melukis, namun juga menggambar ataupun memilih warna yang tepat untuk dituangkan dalam karya lukisan. Bahkan, siswa/siswi juga diminta mengenal ciri-ciri khusus warna sehingga karya yang dihasilkan akan lebih sempurna.

Ekstrakulikuler yang dibimbing Puryono SPd ini telah menorehkan sejumlah prestasi di antaranya Nominator IV Lomba Lukis dalam Promosi Peningkatan Minat Budaya Baca Masyarakat Kabupaten Magelang Tahun 2007 atas nama siswi Fatimah Az Zahra’ dan Nominator VII Lomba Lukis dalam Promosi Peningkatan Minat Budaya Baca Masyarakat Kabupaten Magelang Tahun 2007 atas nama siswa Muhammad Mas’ud. Selain itu, juga Juara Harapan I Seni Lukis dalam Kanijar SD se-Kecamatan Muntilan Tahun 2007/2008 atas nama siswi Fatimah Az Zahra’.