Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi informasi (TI) yang sangat pesat sehingga menuntut adanya sumber daya manusia (SDM) yang melek teknologi. Perkembangan TI yang sangat pesat menjadikan sekat-sekat batas negara menjadi semakin tipis sehingga mau tidak mau manusia yang ada saat ini harus siap menghadapi arus globalisasi.

Pengenalan TI kepada anak-anak sejak dini dinilai penting karena tidak hanya akan menambah pengetahuan anak-anak terhadap dunia TI, namun bisa menjadi bekal anak-anak dalam menghadapi globalisasi dan tantangan zaman yang semakin modern.

Atas dasar itulah, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Tamanagung menyelenggarakan ekstrakulikuler komputer. Pengenalan komputer sejak dini kepada siswa-siswi menjadi salah satu komponen penting dalam menyiapkan siswa/siswi untuk menghadapi perkembangan TI yang semakin pesat serta globalisasi yang menuntut SDM melek terknologi informasi.

Materi yang disampaikan kepada siswa/siswi dalam ekstrakulikuler komputer meliputi dasar-dasar pengenalan komputer baik teori dan praktik. Dari pengenalan komputer kepada siswa ini diharapkan, siswa bisa mengenal komputer dan mengoperasikannya dengan baik. Selain itu, dalam ekstrakulikuler ini siswa juga diajak untuk mengembangkan kreativitasnya melalui berbagai software komputer yang ada sehingga selain bisa mengoperasikan komputer, siswa/siswi juga bisa berkreasi melalui komputer.

Laboratorium komputer yang dimiliki SD Muhammadiyah Tamanagung memiliki 10 unit komputer yang digunakan siswa/siswi untuk mengikuti ekstrakulikuler komputer. Saat ini laboratorium komputer SD Muhammadiyah Tamanagung memang belum bisa digunakan untuk koneksi internet, namun proses pengembangan laboratorium komputer mulitimedia yang bisa digunakan untuk koneksi internet masih terus dilakukan. Hal ini dilakukan agar semakin membuka carkawala siswa dan adanya proses pembelajaran siswa dengan koneksi internet.

Ekstrakulikuler komputer ini merupakan ekstrakulikuler wajib bagi siswa/siswi kelas III-VI. Dalam satu pekan, siswa/siswi mendapatkan materi tentang komputer dengan porsi 30% teori dan 70% praktik. Lebih banyaknya porsi praktik dilakukan agar siswa/siswi bisa mengaplikasikan teori yang diperolehnya. Ekstrakulikuler komputer yang digelar SD Muhammadiyah Tamanagung dengan pembimbing Nur Muhammad Taufik telah terbukti berhasil menghasilkan siswa/siswi melek teknologi dengan diraihnya Juara II lomba komputer dalam Kanijar SD se-Kecamatan Muntilan Tahun 2007/2008 atas nama siswa Rofid Nabhan Nur.

Dengan adanya laboratotium komputer di SD Muhammadiyah Tamanagung diharapkan siswa/siswi tidak hanya sukses dalam bidang akademik saja, namun juga memiliki ketrampilan mengperasikan komputer sehingga lebih siap dalam menghadapi globalisasi.