Dari sebuah buku, anak-anak bisa melihat cakrawala dunia yang tanpa batas. Lewat buku pula, anak-anak bisa belajar tentang suatu hal yang belum pernah diketahuinya. Maka tak salah kiranya jika apa ungkapan yang mengatakan buku adalah jendela dunia.

Begitu pentingnya buku dalam sebuah proses belajar mengajar, SD Muhammadiyah Tamanagung menyedikan Unit Perpustakaan Sekolah bagi siswa/siswi SD Muhammadiyah Tamanagung. Buku-buku yang tersedia di Perpustakaan SD Muhammadiyah Tamanagung tidak hanya buku pelajaran yang menjadi panduan untuk kegiatan belajar mengajar, namun juga disediakan buku umum yang bisa mengembangkan daya pikir anak-anak.

Buku-buku umum seperti novel anak hingga ensiklopedia diharapkan bisa menjadi pemacu siswa/siswi untuk lebih memiliki minat untuk membaca. Kenyataan yang tak bisa dipungkiri adalah masih rendahnya minat baca bangsa ini. Adanya perpustaakan di sekolah yang juga menyediakan buku-buku umum ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi siswa untuk lebih memiliki minat terhadap buku.

Harus diakui, buku-buku umum semacam itu memang tidak memiliki peran langsung dalam proses belajar mengajar di sekolah. Namun, melalui buku-buku itu bisa tersampaikan nilai-nilai dan norma yang bisa menuntun anak-anak menjadi lebih baik lagi. Selain itu, buku-buku itu bisa menjadi pemancing agar anak-anak gemar membaca karena memang buku adalah jendela dunia