Kegiatan kepramukaan telah diakui menjadi salah satu ajang untuk melatih kedisplinan dan sosialisasi nilai-nilai kemanusiaan (humanisme). Kegiatan Pramuka juga telah dikenal sebagai salah satu kegiatan yang mengajarkan orang untuk lebih mencintai alam dan lingkungan hidup.

Penanaman nilai-nilai kemanusiaan di era yang semakin mengglobal menjadi waijb hukumnya, agar anak-anak juga lebih memiliki kepekaan hidup serta mencintai sesama dan lingkungan.

Melalui kegiatan Pramuka, anak-anak dilatih untuk mencintai sesama dan lingkungan, selain tentunya memupuk rasa nasionalisme. Kegiatan Pramuka yang digelar di SD Muhammadiyah Tamanagung digelar satu kali dalam satu pekan (tiap Jumat) dan ekstrakulikuler Pramukan merupakan kegiatan yang wajib diikuti siswa/siswi kelas III-V.

Di bawah bimbingan Abdul Hari, ekstrakulikuler Pramuka SD Muhammadiyah Tamanagung tidak hanya monoton dilakukan di sekolahan. Namun, ada kalanya siswa/siswi diajak untuk berpetualang dan mengikuti kegiatan luar lainnya, seperti perkemahan sabtu minggu (Persami) hingga perlombaan Pramuka di berbagai tingkat. Kegiatan-kegiatan yang diikuti siswa/siswi dalam Kepramukaan, tidak hanya dimaksudkan untuk melatih kedisiplinan, namun juga kemandirian dan kerjasama dengan orang lain.

Selama ini, ekstrakulikuler Pramuka SD Muhammadiyah Tamanagung telah menorehkan sejumlah prestasi di antaranya Juara III Perkemahan Pramuka Kwaran Muntilan tahun 2006/2007 atas nama regu putri dan Juara Harapan I Perkemahan Pramuka Kwaran Muntilan tahun 2006/2007 atas nama regu putra.

About these ads